This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Sabtu, 28 September 2019

PENFGENALAN BLOG BAB II PENDAHULUAN


BAB I
PENDAHULUAN

A.   

1
 
LATAR BELAKANG
Semakin berkembangnya internet ,maka semakin berkembang juga fasilitas didalam internet. Salah satunya blog, karena blog memberikan berbagai macam kegunaan dan manfaat bagi kita semua, akan tetapi disadari bahwa masih banyak yang tidak tau akan permasalahan dalam blog ini dan belum mengenal apa itu blog? .
Tulisan mengenai Mengenal Blog pada buku-buku belum dapat memecahkan permasalahan seperti ini. Oleh karena itu perlu disusun tulisan serta perlu di persentasikan agar kita semua dapat mengenal blog tersebut secara detail dan menyeluruh.
Blog berasal dari kata weblog adalah suatu website dengan isi (konten) berupa artikel atau tulisan-tulisan yang merupakan pemikiran atau sudut pandang dari pemilik dan berisi berbagai hal lainnya.Meskipun istilah blog tersebut sering kita dengar tapi masih banyak yang belum mengetahui cara serta apa itu blog.
Di dalam makalah ini membahas tentang pengertian blog, sejarah perkembangan web blog di Indonesia, manfaat blog dalam dunia pendidikan serta cara membuat blog gratis.

B.     RUMUSAN MASALAH

Adapun rumusan masalah yang akan dibahas adalah :
1.      Apa yang dimaksud dengan blog ?
2.      Bagaimana sejarah perkembangan web blog di Indonesia ?
3.      Apa manfaat blog dalam dunia pendidikan ?
4.      Bagaimana cara membuat blog gratisan ?





C.    TUJUAN

Adapun tujuan dari makalah ini adalah:
1.      Untuk Mengetahui apa yang dimaksud dengan blog.
2.      Untuk Mengetahui bagaimana sejarah perkembangan web blog di Indonesia.
3.      Untuk manfaat blog dalam dunia pendidikan.
4.      Untuk mengetahui bagaimana cara membuat blog gratisan

D.    MANFAAT
Untuk memberikan kontribusi berupa referensi kepada mahasiswa terutama untuk jurusan pendidikan fisika dalam proses belajar serta menambah pengetahuan dan wawasan bagi pembaca khususnya dalam mata kuliah Komputerisasi Pembelajaran Fisika. 
























2
 
 

BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

A.    Pengertian Blog
Blog berasal dari kata weblog adalah suatu website dengan isi (konten) berupa artikel atau tulisan-tulisan yang merupakan pemikiran atau sudt pandang dari pemilik dan berisi pula gambar, audio atau video yang di update secara berkala, sehingga mempunyai cirri khas sesuai dengan keinginan pemiliknya, umumnya blog menggunakan sudut pandang personal, tapi ada juga blog dari suatu organisasi.
Blog mempunyai basis peristiwa, urutan peristiwa pemasukan artikel, konten, atau tulisan pada blog umumnya disajikan secara terbalik, dimana hal baru (artikel baru) disajikan paling atas, sehingga pengunjung blog akan disajikan hal yang baru ketika mereka membuka suatu blog. konten lama disajikan paling belakang. tapi setting ini bisa diubah menjadi kebalikannya.
Hal lain yang merupakan ciri dari blog adalah adanya komentar. pengunjung dapat memberikan komentar pada setiap artikel blog. demikian juga pemilik dapat memberikan tanggapan atas komentar pengunjung pada bagian komentar pula.

B.     Sejarah Perkembangan Web Blog di Indonesia
pada awalnya blog hanya berfungsi sebagai media catatan harian online mengenai berbagai pendapat, ataupun semua keluh kesah dari si empunya blog, yang kemudian dipublikasikan secara online.
Pada saat itu umumnya blog berisi kumpulan link yang menuju ke berbagai halaman web lain dan seringkali disertai komentar atau pendapat pemilik mengenai halaman web tersebut.
Pada tahun 1997, seorang program bernama John Barger, menciptakan istilah web log yang diambil dari kata "logging the web" yang dapat diartikan sebagai "memasuki sebuah web", karena memang pada awalnya blog blog banyak digunakan untuk mengunjungi link-link web lain yang menurut mereka menarik.

3
 
 

Hingga pada tahun 1999, muncullah istilah blog, yang diciptakan oleh Peter Merholz, ia menyebutnya dengan sebutan web-blog, yang kemudian disingkat menjadi blog saja. Dan karena penemuan kata blog itulah, orang-orang yang mengelora blog mulai disebut dengan blogger.
Dunia perblogan ini pun terus berkembang, apalagi dengan munculnya media blog pertama yaitu Blogger.com, yang pada awalnya dimiliki oleh Pyra Labs, dan kemudian karena kepopulerannya, akhirnya menarik minat google untuk mengakui sisinya pada tahun 2002, dan semenjak itulah dunia perbloggingan semakin berkembang, terbukti dengan semakin banyak pula aplikasi yang bersifat Open Source yang diperuntukkan untuk perkembangan para pengelola blog tersebut.
Perkembangan blog di indonesia, di mulai ketika Indonesia mulai mengenal internet, yaitu pada tahun 1994, saat itu sudah ada beberapa web yang dibuat oleh orang Indonesia, itupun hanya menumpang hosting dari universitas-universitas diluar negeri, dan ketika para mahasiswa itu lulus, situs web yang mereka buat sudah tidak bisa diakses lagi karena sudah dihapus oleh universitas terkait. Dan mungkin yang tersisa hanyalah web milik pak Budi Rahardjo, yang menurutnya sudah ada sebelum browser netscape pada 1994. So pada awal munculnya istilah blog, tidak banyak blogger-blogger dari Indonesia yang dapat membuat dan mengelola blog mereka sendiri, penyebabnya tidak lain dan tidak bukan adalah karena kurangnya fasilitas yang dimiliki untuk mengakses media media pembuat blog.
Namun seiring masuk ke tahun 2000-an perkembangan dunia perbloggingan di indonesia semakin tinggi, apalagi ketika diciptakannya layanan publikasi blog yang ramah terhadap pengguna seluler, salah satunya bernama mywapblog atau sering disingkat web.

4
 
Tepatnya pada 10 september 2008, oleh seorang pemuda bernama Arvind Gupta yang saat itu masih berusia 19 tahun. Berawal dari keprihatinan, kemudian ia bertekad untuk membuat platform blog yang ramah terhadap pengguna seluler, dan hasilnya ia sukses menjadikan mywapblog menjadi penyedia layanan blog terbesar di Indonesia pada saat itu, terbukti dengan jumlah pengguna mywapblog asal indonesia saat itu yang berjumlah lebih dari 70 %, serta sebagian besar mereka menggunakan telepon genggam, dan karena hal itulah menjadikan dunia perbloggingan di indonesia semakin bergairah.
Dimana ada kejayaan pasti ada kemunduran, sempat maju pesat, akhirnya dunia perbloggingan ini mengalami kemunduran, penyebabnya tak lain adalah karena banyaknya media media sosial yang kini lebih banyak digandrungi karena kemudahannya.
Tercatat pada tahun 2015 hanya ada 3,5 % dari 88,1 juta pengguna internet asal indonesia yang mampu tetap fokus mengelola dan membesarkan blognya. Dan pada tahun 2017 tercatat ada 3,8 % dari seluruh pengguna internet aktif asal indonesia yang menjadi Blogger.
Hal ini cukup riskan sekaligus menguntungkan bagi para Blogger di Indonesia,  karena saat ini blog bukan lagi soal mengunjungi atau hanya memberikan opini dan komentar terhadap web lain, saat ini blog sudah menjadi kebutuhan, bahkan pekerjaan yang cukup menguntungkan,  semakin sedikit blogger di Indonesia tentunya juga semakin sedikit saingan yang mereka miliki, namun hal ini juga cukup riskan karena itu berarti dari banyaknya pengguna internet aktif di Indonesia, hanya ada sedikit orang yang memiliki kemampuan untuk membuat konten kreatif sebagai blogger.
Namun saya kira dunia perbloggingan di Indonesia tidak akan pernah punah secepat itu, karena meskipun terlihat sedikit nyatanya masih ada komunitas-komunitas blogger yang masih aktif di Indonesia, hal ini tentukan akan menarik minat dari para warganet terutama generasi muda untuk ikut menjadi pembuat konten kreatif bersama blogger lainnya.

C.    Manfaat Blog dalam Dunia Pendidikan
Adapun manfaat blog dalam dunia pendidikan yaitu:
  1. Blog sebagai Sumber Informasi

5
 
Dalam dunia pendidikan dibutuhkan berbagai macam pengetahuan. Untuk itu guru dan siswa haruslah memiliki berbagai macam buku untuk mengembangkan pengetahuannya. Nah selain buku, ada satu wadah praktis yang bisa dimanfaatkan yaitu blog. Kita bisa mencari berbagai macam pengetahuan dari blog-blog yang ada didunia maya. Memang tingkat keakuratannya tidak begitu tinggi, namun sangat bermanfaat sebagai pelengkap dari pengetahuan yang kita miliki. Karena sebagai mana kita ketahui, internet merupakan jaringan yang sangat cepat, sehingga informasi terbaru juga akan lebih cepat didapatkan. Tentu saja ini membantu penambahan sumber informasi bagi dunia pendidikan, baik itu untuk guru maupun siswa
2.     Blog sebagai Media Pembelajaran
Pernahkah sobat melakukan belajar online bersama guru didunia maya? Ya, semakin pesatnya teknologi memang memungkinkan semua itu akan terjadi. Belajar bisa dilakukan dari jarak jauh dengan menggunakan blog. Biasanya guru yang akan menyediakan bahan diblognya, kemudian para siswa akan dituntut untuk membuka blog tersebut untuk mengikuti proses pembelajaran. Suatu kegiatan yang mungkin terjadi saat ini.
3.     Blog sebagai Penunjang Bakat dan Minat
Fenomenanya pada saat sekarang ini, tidak semua siswa yang suka ngeblog. Beberapa diantara siswa lebih memilih bakat didunia nyata dibandingkan dunia maya. Contohnya siswa yang suka basket, dia tidak akan suka ngeblog. Biasanya siswa yang suka ngeblog itu adalah siswa yang hobby fotografi, sastra, seni atau lainnya. Dengan demikian siswa yang hobi fotografi akan dengan mudah memampangkan hasil karya mereka diblognya. Siswa yang hobi sastra akan lebih senang menulis diblognya. Siswa yang hobi seni akan lebih sering memampangkan drama teater diblognya. Otomatis blog sangat berfungsi bagi du, nia pendidikan salah satunya menunjang bakat dan minat siswa.
  1. Blog sebagai Sarana Promosi Institusi

6
 
Dengan blog, sebuah institut pendidikan bisa mempromosikan diri. Ini sangat berpengaruh terhadap dunia pendidikan. Sebagai calon siswa kita akan dengan mudah mengetahui informasi tentang sebuah institut pendidikan dari blog khusus yang mereka miliki.
Mungkin hanya sekian manfaat blog untuk dunia pendidikan yang bisa saya telaah. Memang jika dikaji lebih lanjut, tidak akan ada habisnya manfaat blog bagi dunia pendidikan. Semuanya akan berkaitan antara satu dan lainnya. Baik guru maupun siswa apalagi pada era milinium sekarang ini, yang tidak bisa lepas dari peran dunia sosial media, salah satunya melalui sebuah blog. Namun, yang harus diwaspadai yaitu penyalahgunaan blog. Terkadang banyak juga guru yang memanfaat siswanya untuk mengambil keuntungan pribadi. Contohnya mendownload file, mengklik iklan, dan lain sebagainya. Boleh memang menyuruh siswa mendownload file yang dibutuhkan untuk proses belajar mengajar, tapi alangkah baiknya jika tidak dijadikan ajang pengambilan keuntungan. Karena perilaku tersebut sama saja mengajari peserta didik untuk melakukan tindakan plagiat. Sangat tidak profesional jika seorang guru memanfaatkan siswanya untuk mengambil keuntungan dari blog yang dimilikinya. Maka dari itu, manfaatkanlah blog ini sebagaimana mestinya. Orang berpendidikan pasti akan paham mana yang pantas dan tidak pantas dilakukan pada sebuah blog. Sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat.

D.    Cara Membuat Blog Gratisan
berikut ini adalah langkah-langkahnya:
1.      Langkah pertama adalah membuka situs Blogger.com, klik link berikut untuk membuka Blooger berbahasa Indonesia di browser Anda Blogger.com
            bloger 1.jpg



7
 
 

2.      Pada halaman Blogger.com klik tombol “Buat Blog” atau tombol “Masuk”. Anda akan di arahkan ke halaman untuk masuk ke akun Google. Masukkan alamat emai Gmail ke kolom yang sudah disediakan, lalu klik tombol Berikutnya
bloger2.jpg
3.      Masukkan password email Anda, ke kolom yang di sediakan. Klik tombol Berikutnya
bloger3.jpg
4.      jika Anda baru pertamakali membuat blog di Blogger, maka Anda harus memilih profil akun Google yang akan digunakan. Anda bisa menggunakan akun Blogger biasa ataupun akun Google+. Di artikel ini saya menganjurkan untuk menggunakan akun Google+, klik tombol Buat Profil Google+
blog4.jpg
5.     

8
 
Formulir isian profil Google+ Anda akan terisi secara otomotis. Jika ada ingin mengubah data diri, misalnya mengubah nama, jenis kelamin, dan tanggal lahir, Anda bisa mengubahnya di halaman ini. Jika sudah selesai mengedit, klik BUAT PROFILE.
blog5.jpg
6.      Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman berikutnya di mana Anda bisa menambahkan foto profil untuk akun Google Anda. Bila tidak ingin menambahkan foto, maka Anda tinggal klik LEWATI.
Tapi bila Anda ingin menambahkan gambar profile, maka Anda bisa klik logo Kamera pada halaman tersebut, lalu upload gambar. Setelah proses upload gambar selesai, klik tombol SIMPAN
blog6.jpg
7.      Saat ini Anda sudah selesai membuat akun Google+ Anda. Selanjutnya Anda klik Lanjutkan ke Blogger

9
 
blog7.jpg
8.      Untuk mulai membuat blog baru Anda, klik tombol BUAT BLOG BARU, lihat gambar berikut
blog8.jpg
9.      Anda akan diarahkan ke halaman selanjutnya di mana Anda bisa memasukkan “Judul Blog”, menentukan nama/ alamat subdomainnya, dan memilih Tema blog Anda.
Lihat gambar berikut:
  • Pada bagian Judul, silahkan isi dengan Judul Blog Anda, misalnya “Belajar Membuat Blog”
  • Pada bagian Alamat, silahkan isi dengan alamat URL blog Anda, misalnya “maxbikinblog.blogspot.com”
  • Pada bagian Tema, Anda bisa memilih salah satu tema standar yang disediakan oleh Blogger.
blog 9.jpg
10.  Setelah semua diisi, silahkan klik tombol Buat Blog
Sampai di sini Anda sudah memiliki blog baru. Tapi sebenarnya ini belum selesai, selanjutnya Anda harus melakukan beberapa pengaturan dan mempelajari beberapa navigasi di halaman kerja Blogger.


10
 
 

blog10.jpg
11.  Sedikit penjelasan tentang menu atau navigasi dashboard Blogger:
·         Pos: Daftar artikel yang sudah ditulis, sudah diterbitkan, dan artikel yang masih dalam bentuk draft.
·         Statistik: Data statistik tentang blog Anda, Data detail tentang trafik pengunjung blog Anda diantaranya jumlah pengunjung, jumlah postingan, dan jumlah artikel.
·         Komentar: Pada halaman ini, Anda bisa melihat komentar yang masuk. Anda juga bisa mengedit atau bahkan menghapus komentar yang tidak diinginkan.
·         Kampanye: menampilkan menu yang berhubungan dengan Adwords, yaitu layanan periklanan milik Google. Mungkin saat ini Anda belum butuh fitur ini, jadi tinggalkan saja dulu
·         Laman: Halaman statis seperti page pada WordPress. Biasanya digunakan untuk halaman About, TOS, dan lain-lain.
·         Tata Letak: Pada halaman ini Anda bisa mengatur layout blog Anda, menambahkan atau mengatur posisi widget.
·         Tema:  Pada halaman ini Anda bisa mengganti tema blog sesuai dengan keinginan.
·        

11
 
Setelan: Halaman ini digunakan untuk mengatur setelan blog, pengaturan berapa artikel yang akan ditampilkan di halaman utama (homepage), pengaturan bahasa, komentar dimoderasi apa tidak, dan lain-lain.
12.  Posting Konten di Blogger
Untuk membuat postingan konten pada Blogger sebenarnya caranya sangat mudah, berikut ini langkah-langkahnya:
  • Langkah pertama adalah melakukan klik pada tombol Entri Baru
  • Buat judul konten: buat judul singkat saja karena blogger membatasi jumlah karakter untuk judul postingan.
  • Masukkan artikel atau konten lain pada halaman konten yang sudah disediakan oleh blogger. Anda bisa memasukkan konten berbentuk text, gambar, dan juga video.
  • Anda bisa memasukkan link, mengganti format text, dan lain-lain, dengan bantuan menu formating yang ada di bawah judul konten.
  • Isi label/ kategori yang sesuai dengan konten yang Anda buat, lalu klik tombol “Selesai” dibagian bawah kolom label.
  • Anda juga bisa menjadwalkan waktu posting konten tersebut sesuai dengan keinginan, membuat tautan permanen, menambahkan lokasi, bahkan menambahkan pilihan lainnya sesuai dengan kebutuhan.
  • Jika Anda sudah yakin akan membuat konten Anda online, silahkan klik tombol “Publikasikan”. Konten Anda sudah online dan bisa dibaca orang lain.













12
 
 

BAB III
PENUTUP

A.    KESIMPULAN
Blog berasal dari kata weblog adalah suatu website dengan isi (konten) berupa artikel atau tulisan-tulisan yang merupakan pemikiran atau sudt pandang dari pemilik dan berisi pula gambar, audio atau video yang di update secara berkala, sehingga mempunyai cirri khas sesuai dengan keinginan pemiliknya, umumnya blog menggunakan sudut pandang personal, tapi ada juga blog dari suatu organisasi.
Namun seiring masuk ke tahun 2000-an perkembangan dunia perbloggingan di indonesia semakin tinggi, apalagi ketika diciptakannya layanan publikasi blog yang ramah terhadap pengguna seluler, salah satunya bernama mywapblog atau sering disingkat web.
Adapun manfaat blog dalam dunia pendidikan yaitu: Blog sebagai Sumber Informasi, sebagai media pembelajaran, sebagai penunjang bakat dan minat, dan sebagai sarana promosi institusi.

B.     SARAN

Meskipun kami menginginkan kesempurnaan makalah ini, akan tetapi pada kenyataannya masih banyak kekurangan yang perlu kami perbaiki. Hal ini disebabkan masih minimnya pengetahuan kami. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun dari para pembaca sangat kami harapkan sebagai bahan evaluasi kedepannya.


13
 

 

DAFTAR PUSTAKA



Anakuir. 2015. Makalah-tentang-blog           

Shelda audit. 2019. Cara-membuat-blog
http://jalantikus.com/tips/cara-membuat-blog. Diakses  25 september 2019

Nuraini.Adindafitriani. manfaat blog dalam dunia pendidikan

Zalmedia. 2018. Pengertian dan perkembangan blog

















14